PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI SUHU, KALOR, DAN PERPINDAHAN KALOR SISWA KELAS X MIA SEMESTER 2 SMA NEGERI 4 PALANGKA RAYA TAHUN AJARAN 2014/2015

Pendi Sinulingga

Sari


Model pembelajaran kooperatif tipe make a match adalah salah satu
model pembelajaran kooperatif di mana siswa dibawa untuk menemukan
sendiri jawaban-jawaban dari pertanyaan yang ada pada kartu-kartu. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam KBM yang paling
dominan adalah siswa menanggapi hasil presentasi kelompok siswa lain
(16,12%), siswa mencari pasangan kartu yang cocok dengan kartunya
(15,11%), dan siswa mempresentasikan hasil pasangan kelompok (12,92%).
Hasil lain dari penelitian ini adalah dari 36 siswa yang mengikuti tes, 27
siswa (75%) memenuhi kriteria ketuntasan sebesar ≥ 2,67 dan 9 siswa
(25%) tidak memenuhi kriteria ketuntasan. Secara klasikal pembelajaran
ini tuntas karena mampu memenuhi ketuntasan klasikal yaitu 75%.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Djamarah, Syaiful Bahri& Zain, Aswan, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta:

Rineka Cipta, 2006.

Hamalik, Oemar, Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Bumi Aksara,

Huda, Miftahul, Cooperative Learning Metode, Tekhnik, Struktur dan

Model Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Isjoni, Cooperative Learning, Bandung: Alfabeta, 2011.

Kanginan, Marthen, Fisika Untuk SMA Kelas X, Jakarta: Erlangga, 2006.

Kurniasih, Imas & Sani, Berlin, Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan

Penerapan, Surabaya: Kata Pena, 2014.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Nomor 104 Tahun 2014 tetang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik

pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Rusman, Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme

Guru, Bandung: Rajawali Pers, 2011.

Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Raja

Grafindo Persada, 2009.

Suharsimi, Arikunto, Manajemen Penelitian, Jakarta: PT. Rineka Cipta,

________________, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi

Revisi 2010), Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Suprijono, Agus, Cooperative Learning, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Jakarta:

Kencana, 2013.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Komentar di artikel ini

Lihat semua komentar


View My Stats
  isjd  sinta  IPI  Google Scholar 

Creative Commons License


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

STIPAS Tahasak Danum Pambelum Keuskupan Palangka Raya

Jl. Tjilik Riwut KM 1 No. 5 Komplek Gereja Katedral St. Maria Palangka Raya 73112

Telp. 0536 3227658